peranan evaluasi pembelajaran dalam dunia pendidikan - FATHURHOMA corp.
Headlines News :

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

aku

Foto Saya
ponorogo, Indonesia
Peduli, Ikhlas, Cerdas

Download

Home » » peranan evaluasi pembelajaran dalam dunia pendidikan

peranan evaluasi pembelajaran dalam dunia pendidikan

Written By TEAMHORE on Rabu, 06 Juni 2012 | 01.56


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian tentang Evaluasi
1.      Pengertian Evaluasi pembelajaran
Evaluasi lebih sering diartikan pembahasan mengenai kegiatan yang telah dilaksanakan apakah sudah memenuhi hasil yang diinginkan atau belum. Menurut Sukardi(1998:77), Evaluasi merupakan proses yang menentukan kondisi dimana suatu tujuan telah dapat dicapai. 
Menurut pengertian bahasa kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran (John M. Echols dan Hasan Shadily, 1983: 220). Menurut Stufflebeam, dkk (1971) mendefinisikan evaluasi sebagai “the process of delineating, obtaining, and providing useful information for judging decision alternatives” Artinya evaluasi merupakan proses menggambarkan, memperoleh, dan menyajikan informasi yang berguna untuk merumuskan suatu alternatif keputusan.
Istilah measuremen, assessment, dan test sering diserupakan dengan evaluasi, tetapi sebenarnya ketiga istilah tersebut memiliki perbedaan. Measurement atau pengukuran diartikan sebagaiproses untuk menentukan luas atau kuantitas sesuatu(Wondt, Edwin and G. W. Brown, 1957:1 dalam bukunya Chabib Thoha, 1996:2). Pengertian assessment tidak sampai ketaraf evaluasi, melainkan sekedar mengukur dan mengadakan astimasi terhadap hasil pengukuran (Chabib Thoha, 1996:3). Sedangkan tes adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dan atau perintah-perintah yang harus dijalankan, yang mendasarkan harus bagaimana testee menjawab pertanyan-pertanyaan atau melakukan perintah-perintah itu penyelidik memngambil kesimpulan dengan cara membandingkan dengan standar atau testee yang lain (sumadi surya brata  1984:22 dalam bukunya Chabib Thoha, 1996:3).
2.      Ciri-Ciri Evaluasi
Menurut Suharsimi Arikunto (1991:11), ciri-ciri evaluasi adalah Dilakukan secara tidak langsung, Menggunakan ukuran kuantitatif, Menggunakan unit-unit atau satuan-satuan yang tetap, Relatif artinya tidak sama dari waktu ke waktu, Sering terjadi kesalahan. Menurut sukardi (1717:8), syarat evaluasi sebagai berikut valid, andal, obyektif, seimbang, membedakan, norma, fair, praktis.
3.      Ruang Lingkup Evaluasi
Ruang lingkup evaluasi pendidikan, sebenarnya bisa dilihat sebagai suatu system.evaluiasi merupakan bagian dari proses pendidikan secara menyeluruh yaitu suatu proses kontinu yang mendasari seluruh proses pendidikan dan pengajaran yang baik.komponen pendidikan meliputi pendidik, peserta didik, dan bahan pengajaran. Ketiga komponen ini sangat berkaitan dengan tujuan pendidikan, proses interasional, dan prosedur evaluasi. Namun secara luas ruang lingkup evaluasi meliputi evaluasi masukan,evaluasi proses, evaluasi produk dan evaluasi konteks.
Evaluasi meliputi evaluasi pembelajaran, program, dan sitem seperti dijelaskan di Pasal 57 ayat 2, UURI No. 20 tahun 2003, evaluasi dilakukan terhadap peserta didik, lembaga, dan program pendidikan pada jenis formal dan nonformal untuk semua jenjang satuan dan jenis pendidikan (sukardi, 2008:5).

B. Fungsi,  Makna, dan Tujuan Evaluasi
     1. Fungsi evaluasi
Dilihat dari aspek fungsi evaluasi pendidikan yang dilaksanakan dalam proses belajar mengajar pada prinsipnya dapat dikelompkkan menjadi dua yaitu: pertama membantu guru dalam menentukan derajat tujuan pengajaran agar dapat dicapai. kedua membantu guru untuk mengetahui keadaan yang benar dari para siswanya. Menurut sukardi (2008:4), fungsi evaluasi adalah;
a.     sebagai alat guna mengetahui apakah peserta didik telah menguasai pengetahan, nilai-nilai dan keterampilan yang telah diberikan oleh seorang guru
b.      untuk mengetahui aspek aspek kelemahan peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar
c.      mengetahui tingkat etercapaian siswa dalam kegiatan belajar
d.      sebagai
e.       sebagai alat untuk mengetahui perkembangan kelas siswa
f.      sebagai materi utama laporan hasil belajar kepada orang tua siswa
            Anas Sudijono (2006:12), membagi fungsi evaluasi menjadi 3 segi yaitu;
a.       segi pesikologis, bagi pendidik ini sebagai usaha pendidik untuk
b.      didaktif memberi dorongan untuk peserta didik untuk lebih baik.sebagai landasan, info menentukan, solusi, dan petunjuk program.
c.       administrative memberi laporan, bahan-bahan, keterangan, dan gambaran.
          Anas Sudijono (2006:17), menyebutkan Kegunaan evaluasi sebagai berikut;
a.       terbukanya kemungkinan bagi evaluator  guna memperoleh informasi tentng hasil hasil yang telah dicapai dalam rangka pelaksanaan program pendidikan.
b.      terbukanya kemungkinan untuk mdapat mengetahui relevansi antara program pendidikan yang telah dilaksanakan dengan tujuan yang hendak dicapai.
terbukanya kemungkinan untuk dilkakukanya usaha perbaikan, penyeleseian dan penyempurnaan program pendidikan yang dipandang lebih berdaya guna dan berhasil guna, sehingga tujuan yang dicita citakan akan dapat tercapai dengan hasil yamng sebaik baiknya.
Suharsmi (1991:9), juga menyebutkan fungsi penilaian adalah
a.       penilaian berfungsi selektif yaitu untuk menyeleksi peserta didik
b.      Diagnostik yaitu untuk mengetahui kelemahan siswa
c.       penempatan yaitu untuk mengetahui dimanakan siswa tersebut ditempatkan yang sesuai kelompknya
d.      pengukur keberhasilan.
2. Makna Evaluasi
 Menurut Suharsimi arikunto makna evaluasi sebagai berikut makna dari berbagai segi bagi siswa sebagai bentuk rasa puas atau belum dengan hasil yang diperoleh. Bagi guru  mengetahui siswa-siswa mana yang berhak lanjut, mengetahui materi yang diajarkan apakah sudah tepat atau belum.mengetahui metode yang dilaksanakan sudah tepat atau belum. Bagi sekolah tercapai sekolah yang diharapkan atau belum, informasi dari guru tentang tepat tidaknya kurikulum yang digunakan untuk masa depan, dan apakah sekolah sudan stanndar apa belum.Dan untuk mengetahui perbedaan apa yang diperoleh antara sebelum kegiatan pengajaran dan sesudah kegiatan pengajaran.
3. Tujuan
Anas Sudijono (2006:16), menjelaskan Tujuan evaluasi dibagi menjadi dua, yaitu: Tujuan Umum yaitu untuk menghimpun bahan bahan keterangan yang akan dijadikan sebagai bukti mengenai taraf perkembangan yang dilalui pesrta didik dalam jangka waktun tertentu.untuk mengetahui tingkat keefektifan metode metode yang digunakan. Tujuan Khusus yaitu untuk merangsang kegiatan peserta didik dalam menempuh program pendidikan. Untuk mencari faktor-faktor penyebab berhasil tidaknya.
Menurut Sukardi (2008:9) tujuan evaluasi adalah;
a.       menilai ketercapaian (attainment)tujuan
b.      mengukur macam macam aspek belajar yang bervariatif
c.       sebagai sarana (means) untuk mengetahui apa yang siswa telah ketahui
d.      memotivasi belajar siswa
e.       menyediakan informasi untuk tujuan belajar dan kesalahan
f.       menjadikan hasil evaluasi sebagai dasar perubahan kurikulum.
Dr.muchtar buchori (1994) Mengemukakan bahwa tujuan khusus evaluasi pendidikan ada 2  yaitu : Untuk mengetahui kemajuan peserta didik setelah ia mengalami pendidikan selam jangka waktu tertentu. Untuk mengetahui tingkat efisiensi metode-metode pendidikan yang dipergunakan pendidik selam jangka waktu tertentu tadi.

C.    Peranan Evaluasi
        Mengapa dalam pendidikan harus ada evaluasi? Ada beberapa penjelasan mengenai pentingnya evaluasi dalam pendidikan. Dilihat dari pendekatan proses, didunia pendidikan terjadi hubungan yang interdepensi antara tujuan pendidikan, proses belajar mengajar, dan prosedur evaluasi. Ketiga komponen ini selalu berhubungan. Tujuan sebuah pendidikan akan terarah apabila proses belajar mengajar dilaksanakan dengan baik. Berhasil tidaknya proses belajar mengajar dan tujuan pendidikan akan terlihat setelah pengevaluasian.
Mengevaluasi merupakan cirri pendidik yang professional, setelah kegiatan evaluasi maka pendidik akan mengetahui hasil belajar siswa. Sehingga mengetahui apakah hasilnya sudah memuaskan apa belum dan dapat dijadikan koreksi.
Dilihat dari pendekatan kelembagaan, kegiatan pendidikan merupakan kegiatan manajemen, yang meliputi kegiatan planning, programming, organizing, actualing,controlling, dan evaluating. Dua hal yang terakhir menjadi titik lemah dari manajemen tradisional. Para pelaksana pendidikan menganggap bahwa fungsi control dan evaluasi dianggap sebagai upaya untuk mengurangi kebebasan dan kemerdekaan mereka. Padahal tanpa adanya dua fungsi tersebut maka akan banyak terjadi penyimpangan dan pengoganisasian yang tidak sesuai program maka tujuan pendidikan tidak tercapai.
Evaluasi pendidikan memberikan manfaat baik bagi siswa/peserta pendidikan, pengajar maupun manajemen. Dengan adanya evaluasi, peserta didik dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah digapai selama mengikuti pendidikan. Pada kondisi dimana siswa mendapatkan nilai yang mernuaskan maka akan memberikan dampak berupa suatu stimulus, motivator agar siswa dapat lebih meningkatkan prestasi. Pada kondisi dimana hasil yang dicapai tidlak mernuaskan maka siswa akan berusaha memperbaiki kegiatan belajar, namun demikian sangat diperlukan pemberian stimulus positif dari guru/pengajar agar siswa tidak putus asa. Dari sisi pendidik, hasil evaluasi dapat digunakan sebagai umpan balik untuk menetapkan upaya upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

D.    Teknik Evaluasi
      Teknik evaluasi digolongkan menjadi 2 yaitu teknik tes dan teknik non Tes.teknik non tes meliputi ; skala bertingkat, kuesioner,daftar cocok, wawancara, pengamatan, riwayat hidup.Rating scale atau skala bertingkat menggambarkan suatu nilai dalam bentuk angka. Angka-angka diberikan secara bertingkat dari anggak terendah hingga angkat paling tinggi. Angka-angka tersebut kemudian dapat dipergunakan untuk melakukan perbandingan terhadap angka yang lain.Kuesioner adalah daftar pertanyaan yang terbagi dalam beberapa kategori. Dari segi yang memberikan jawaban, kuesioner dibagi menjadi kuesioner langsung dan kuesioner tidak langsung. Kuesioner langsung adalah kuesioner yang dijawab langsung oleh orang yang diminta jawabannya. Sedangkan kuesiioner tidak langsung dijawab oleh secara tidak langsung oleh orang yang dekat dan mengetahui si penjawab Daftar cocok adalah sebuah daftar yang berisikan pernyataan beserta dengan kolom pilihan jawaban. Si penjawab diminta untuk memberikan tanda silang (X) atau cek (√) pada jawaban yang ia anggap sesuai. Wawancara, suatu cara yang dilakukan secara lisan yang berisikan pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan tujuan informsi yang hendak digali. wawancara dibagi dalam 2 kategori, yaitu pertama, wawancara bebas yaitu si penjawab (responden) diperkenankan untuk memberikan jawaban secara bebas sesuai dengan yang ia diketahui tanpa diberikan batasan oleh pewawancara. Kedua adalah wawancara terpimpin dimana pewawancara telah menyusun pertanyaan pertanyaan terlebih dahulu yang bertujuan untuk menggiring penjawab pada informsi-informasi yang diperlukan saja. Pengamatan atau observasi, adalah suatu teknik yang dilakukan dengan mengamati dan mencatat secara sistematik apa yang tampak dan terlihat sebenarnya. Riwayat hidup adalah pengamatan tentang semua yang telah dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
        Teknik tes. Dalam evaluasi pendidikan terdapat 3 macam tes yaitu : tes diagnostik Adalah evaluasi yang ditujukan guna membantu memecahkan kesulitan belajar yang dialami oleh siswa tertentu.  tes formatif Adalah evaluasi yang ditujukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar. Jenis evaluasi wajib dilaksanakan oleh guru bidang studi setelah selesai mengajarkan satu unit pengajaran tertentu. tes sumatif Adalah evaluasi yang ditujukan untuk keperluan penentuan angka kemajuan atau hasil belajar siswa. Jenis evaluasi ini dilaksanakan setelah guru menyelesaikan pengajaran yang diprogramkan untuk satu semester. Dan kawasan bahasanya sama dengan kawasan bahan yang terkandung di dalam satuan program semester.


Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Relations

TOLONG DI LIKE YA

my acount info

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

.::Wis Ti Inceng::.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. FATHURHOMA corp. - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya