RPP PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PLSV SMP KELAS VII metode STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING - FATHURHOMA corp.
Headlines News :

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

aku

Foto Saya
ponorogo, Indonesia
Peduli, Ikhlas, Cerdas

Download

Home » , , » RPP PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PLSV SMP KELAS VII metode STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

RPP PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PLSV SMP KELAS VII metode STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING

Written By TEAMHORE on Senin, 18 Juni 2012 | 21.10

RPP MATEMATIKA tentang PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SMP KELAS VII semester ganjil dengan metode STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Guru
Mata Pelajaran
Kelas/ semester
Alokasi Waktu
:
:
:
:
Machfud Fatkurochman
Matematika
VII/ganjil
2x 45 menit

I. STANDART KOMPETENSI:
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
II. KOMPETENSI DASAR:
2.3.Menyelesaikan persamaan linear satu variabel.
III. INDIKATOR:
v Menjelaskan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
v Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama
v Menentukan penyelesaian PLSV
v Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk pecahan.
IV. MATERI AJAR:
v Persamaan linear satu variabel.(Lampiran I)
V. MODEL PEMBELAJARAN:
v STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
VI. NILAI KARAKTER:
v  Disiplin ( Discipline )
v  Rasa hormat dan perhatian ( respect )
v  Tekun ( diligence )
v  Tanggung jawab ( responsibility )
VII. TAHAPAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
Pendahuluan (5 Menit)
Apersepsi :
v  Guru  membuka dan memberi salam
v  Guru mengecek kesiapan kelas
v  Guru  menyampaikan Kompetensi Dasar, Standar Kompetensi, dan Indikator yang harus dicapai siswa.






KEGIATAN INTI:
Kegiatan Inti (110 Menit)
Tahap
Kegiatan Guru
Eksplorasi
Memberikan orientasi permasalahannya kepada siswa
Guru mendemonstrasikan/ menyajikan materi secara garis besar saja
Elaborasi
Guru menggali ide yang dimiliki siswa
Guru memberikan permasalahan yang dapat memancing siswa untuk mengeluarkan pendapat
Siswa mempresentasikan ide/pendapat pada teman lainnya
Memberikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menjelaskan kepada peserta lainnya beberapa bagian materi yang sudah disajikan Guru.
Guru berkomentar yang membangun
Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa dan meluruskan jika terdapat pendapat yang salah

Konfirmasi
Menganalisis dan mengevaluasi  proses jalannya pembelajan
Guru menerangkan ulang secara keseluruhan materi yang disajikan saat itu


KEGIATAN AKHIR

Penutup (10 menit)
Kegiatan :
v  Guru  memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menyimpulkan materi pembelajaran.
v  Guru memberikan pekerjaan rumah. 
v  Guru memberi salam penutup.




VII. ALAT/ BAHAN/ SUMBER AJAR
ALAT/ MEDIA:
ü   Spidol
ü   LCD
ü   laptop.

BAHAN/ SUMBER AJAR:
MATEMATIKA KONSEP DAN APLIKASINYA Untuk SMP/MTs Kelas VII Penulis : Dewi Nuharini Tri Wahyuni

PENILAIAN
A.    TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN
Nilai Indikator, UTS, UAS
B.     KRITERIA PENILAIAN
Nilai Akhir =

Nilai Indikator =

Mengetahui
Kepala Sekolah SMP SWASTA





Rizqi Tresnaningsih, S.Pd, M..Pd

Madiun, 20 Agustus  2012
Guru Matematika SMP SWASTA





Machfud Fatkurochman S.Xy


LAMPIRAN 1

PENIALIAN SESI PENYAMPAIAN IDE


RUBRIK PENILAIAN INDIVIDU (BONUS)
Nama Siswa
Tingkat ketepatan
Kejelasan Penyampaian
Skor Akhir
















            Keterangan:
1.      Poin bonus berdasarkan ketentuan berikut :
Kriteria
Bonus
90-100
6 poin
80-89
4 poin
70-79
2 poin
           
            *nilai bonus masuk dalam nilai Indikator


LAMPIRAN 2

MATERI AJAR
















LAMPIRAN 3


SOAL SESI  PENYAMPAIAN IDE

Sampaikan pendapat anda dilembar jawab  kemudian kemukakan didepan kelas!
(Menumbuhkan kreativitas)
Amatilah kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Tulislah contoh pernyataan, bukan pernyataan, dan kalimat terbuka, masingmasing 3 buah. Berikan alasannya, lalu kemukakan hasilnya di depan kelas.

(Menumbuhkan inovasi)
Apakah setiap kalimat terbuka mempunyai himpunan penyelesaian? Bagaimana dengan kalimat
2x – 1 = 4, jika x variable pada bilangan pecahan? Berapa himpunan penyelesaiannya? Eksplorasilah kalimat tersebut jika x variabel pada
a. bilangan cacah;
b. bilangan bulat.
Bagaimana himpunan penyelesaiannya?

(Menumbuhkan kreativitas)
Tuliskan sebarang persamaan sebanyak 5 buah.Tunjukkan, manakah yang termasuk persamaan linear satu variabel. Lakukan hal ini didepan kelas.

(Menumbuhkan kreativitas)
Apakah setiap persamaan linear satu variabel dapat ditentukan himpunan penyelesaiannya dengan cara substitusi?

(Berpikir kritis)
Tentukan tiga persamaan yang ekuivalen dengan persamaan berikut, kemudian selesaikanlah, jika p variabel pada bilangan real.

















SOAL INDIVIDU
Nama :……………………...
Kelas  :……………………..

Kerjakan soal-soal berikut secara mandiri!

nomor 1
nomor 2
 
nomor 4
nomor 3















KUNCI JAWABAN SOAL INDIVIDU

Nomor 1


Nomor 2
Nomor 3


Nomor 4



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Relations

TOLONG DI LIKE YA

my acount info

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

.::Wis Ti Inceng::.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. FATHURHOMA corp. - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya