RPP MATEMATIKA tentang PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL SMP KELAS VII semester ganjil dengan metode STUDENT
FACILITATOR AND EXPLAINING
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru
Mata Pelajaran
Kelas/ semester
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
|
Machfud Fatkurochman
Matematika
VII/ganjil
2x 45 menit
|
I. STANDART KOMPETENSI:
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linear satu variabel
II. KOMPETENSI DASAR:
2.3.Menyelesaikan
persamaan linear satu variabel.
III. INDIKATOR:
v
Menjelaskan
PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
v
Menentukan
bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan
atau dibagi dengan bilangan yang sama
v Menentukan penyelesaian PLSV
v Menentukan penyelesaian PLSV dalam bentuk
pecahan.
IV. MATERI AJAR:
v Persamaan linear satu variabel.(Lampiran
I)
V. MODEL PEMBELAJARAN:
v
STUDENT
FACILITATOR AND EXPLAINING
VI. NILAI KARAKTER:
v
Disiplin
( Discipline )
v Rasa hormat dan perhatian ( respect )
v Tekun ( diligence )
v Tanggung jawab ( responsibility )
VII. TAHAPAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
Pendahuluan (5 Menit)
Apersepsi :
v
Guru membuka dan memberi salam
v
Guru
mengecek kesiapan kelas
v
Guru menyampaikan Kompetensi Dasar, Standar
Kompetensi, dan Indikator yang harus dicapai siswa.
KEGIATAN INTI:
Kegiatan Inti (110 Menit)
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
|
Eksplorasi
|
Memberikan
orientasi permasalahannya kepada siswa
|
Guru
mendemonstrasikan/ menyajikan
materi secara garis besar saja
|
Elaborasi
|
Guru menggali ide yang dimiliki siswa
|
Guru memberikan permasalahan yang dapat
memancing siswa untuk mengeluarkan pendapat
|
Siswa mempresentasikan ide/pendapat pada teman lainnya
|
Memberikan
kesempatan kepada beberapa siswa untuk
menjelaskan kepada peserta
lainnya beberapa bagian materi
yang sudah disajikan Guru.
|
|
Guru
berkomentar yang membangun
|
Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa dan
meluruskan jika terdapat pendapat yang salah
|
|
Konfirmasi
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses jalannya pembelajan
|
Guru menerangkan ulang secara keseluruhan materi yang disajikan saat itu
|
KEGIATAN AKHIR
Penutup (10 menit)
Kegiatan :
v Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya dan menyimpulkan materi pembelajaran.
v Guru memberikan pekerjaan rumah.
v Guru memberi salam penutup.
VII. ALAT/ BAHAN/ SUMBER AJAR
ALAT/ MEDIA:
ü Spidol
ü LCD
ü laptop.
BAHAN/ SUMBER AJAR:
MATEMATIKA KONSEP DAN APLIKASINYA Untuk
SMP/MTs Kelas VII Penulis : Dewi Nuharini Tri Wahyuni
PENILAIAN
A. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN
Nilai Indikator, UTS, UAS
B. KRITERIA PENILAIAN
Nilai Akhir =
Nilai Indikator =
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP
SWASTA
Rizqi Tresnaningsih, S.Pd, M..Pd
|
Madiun, 20
Agustus 2012
Guru Matematika SMP
SWASTA
Machfud Fatkurochman S.Xy
|
LAMPIRAN 1
PENIALIAN SESI PENYAMPAIAN IDE
RUBRIK PENILAIAN INDIVIDU
(BONUS)
Nama Siswa
|
Tingkat
ketepatan
|
Kejelasan
Penyampaian
|
Skor Akhir
|
Keterangan:
1.
Poin bonus berdasarkan ketentuan berikut :
Kriteria
|
Bonus
|
90-100
|
6 poin
|
80-89
|
4 poin
|
70-79
|
2 poin
|
*nilai
bonus masuk dalam nilai Indikator
LAMPIRAN 2
MATERI AJAR
LAMPIRAN 3
SOAL SESI PENYAMPAIAN IDE
Sampaikan pendapat anda dilembar jawab kemudian kemukakan didepan kelas!
(Menumbuhkan kreativitas)
Amatilah kejadian dalam kehidupan sehari-hari. Tulislah contoh pernyataan,
bukan pernyataan, dan kalimat terbuka, masingmasing 3 buah. Berikan alasannya, lalu
kemukakan hasilnya di depan kelas.
(Menumbuhkan inovasi)
Apakah setiap kalimat terbuka mempunyai himpunan penyelesaian? Bagaimana
dengan kalimat
2x – 1 = 4, jika x variable pada bilangan pecahan?
Berapa himpunan penyelesaiannya? Eksplorasilah kalimat tersebut jika x variabel
pada
a. bilangan cacah;
b. bilangan bulat.
Bagaimana himpunan penyelesaiannya?
(Menumbuhkan kreativitas)
Tuliskan sebarang persamaan sebanyak 5 buah.Tunjukkan, manakah
yang termasuk persamaan linear satu variabel. Lakukan hal ini didepan kelas.
(Menumbuhkan kreativitas)
Apakah setiap persamaan linear satu variabel dapat ditentukan
himpunan penyelesaiannya dengan cara substitusi?
(Berpikir kritis)
Tentukan tiga persamaan yang ekuivalen dengan persamaan berikut,
kemudian selesaikanlah, jika p variabel pada bilangan real.
SOAL INDIVIDU
Nama :……………………...
Kelas
:……………………..
Kerjakan soal-soal berikut secara
mandiri!
nomor
1
|
nomor
2
|
nomor
4
|
nomor 3
|
KUNCI JAWABAN SOAL INDIVIDU
Nomor 1
Nomor 2
Nomor 3
|
Nomor 4
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !