RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Tingkat Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / I
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 Pertemuan )
I.
Standar Kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah.
II.
Kompetensi Dasar
: 3.3 Menggunakan konsep ajabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang
sederhana
III.
Indikator :
1.
Menghitung nilai
keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan siswa
dapat :
1.
Menghitung nilai
keseluruhan
2.
Menghitung nilai
per unit
3.
Menghitung nilai
sebagian
V.
Nilai Karakter
1.
Rasa
ingin tahu
2.
Teliti
3.
Tekun
4.
Rasa
hormat dan perhatian
5.
Tanggung
jawab
VI.
Materi Ajar
Perbandingan dan aritmatika sosial :
- Menentukan nilai keseluruhan, per unit dan nilai
sebagian
VII.
Model Pembelajaran
Artikulasi
VIII.
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Tanya Jawab
IX.
Proses Belajar Mengajar
A.
Pendahuluan (± 10 Menit)
No
|
Kegiatan
|
Karakter/Keterampilan
Sosial
|
1.
2.
|
Guru memotivasi atau memfokuskan siswa pada pembelajaran
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari
materi ini.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan
garis-garis besar kegiatan pembelajaran kooperatif.
|
Dalam kegiatan ini, siswa dapat menjadi pendengar yang
baik, menghargai dan peduli terhadap orang lain.
Dalam kegiatan ini, siswa dapat menjadi pendengar yang
baik, menghargai dan peduli terhadap orang lain.
|
B.
Kegiatan Inti (± 50 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter/Keterampilan
Sosial
|
1.
2.
3.
4.
|
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara menentukan nilai keseluruhan, nilai per unit
dan nilai sebagian dan siswa memperhatikan dengan seksama karena rasa
keingintahuannya.
(Tahap eksplorasi)
Untuk mengetahui daya serap siswa
membentuk kelompok berpasangan dua orang .
(Tahap eksplorasi)
Menyuruh seorang dari
pasangan itu menjelaskan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya
mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil dengan teliti dan tekun,
kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
(Tahap elaborasi)
Menyuruh siswa secara
bergiliran atau diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman
pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil
wawancaranya.
(Tahap konfirmasi)
|
Dalam kegiatan ini,
siswa dapat menjadi pendengar yang
baik, aktif bertanya, menghargai, dan peduli terhadap orang lain.
Dengan dibentuknya kelompok, siswa dapat dilatihkan bekerja sama,
bertanggung jawab secara individu dan sosial, peduli, dan menghargai orang
lain.
Dengan kegiatan presentasi, siswa
dilatihkan untuk teliti, berani berpendapat, bekerjasama, tekun dan aktif bertanya, mendengar, peduli,
menghargai, serta bertanggung jawab secara sosial.
Dengan kegiatan presentasi, siswa
dilatihkan untuk teliti ,berani berpendapat, aktif bertanya, mendengar,
peduli, menghargai, serta bertanggung jawab secara sosial.
|
C.
Penutup (± 20 Menit)
No.
|
Kegiatan
|
Karakter/Keterampilan sosial
|
1.
2.
|
Guru meriview ulang materi yang telah disampaikan
dengan jelas.
Siswa diminta mengerjakan LKS Menentukan Nilai Keseluruhan, Nilai
Per Unit dan Nilai Sebagian secara individu.
|
Dalam kegiatan ini, siswa dapat menjadi pendengar yang
baik, menghargai dan peduli terhadap orang lain.
Dengan mengerjakan LKS, siswa
dilatihkan bertanggung jawab secara
individu dan sosial serta dapat dipercaya.
|
X.
Sumber
Pembelajaran
1.
Silabus
SMP
2.
Buku Paket
“Matematika Plus SMP Kelas VII Semester Pertama”
3.
Tabel
Spesifikasi Penilaian
4.
LKS
: Tugas Individu
5.
Kunci
LKS : Tugas Individu
XI.
Alat dan Bahan
1.
Papan Tulis
2.
Alat
tulis
XII. Penilaian dan Rubrik Penilaian
RUBRIK PENILAIAN KELOMPOK
Anggota/Nama Siswa
|
Skor Individu
|
Bonus
|
Skor Akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Poin bonus berdasarkan ketentuan berikut :
Kriteria
|
Bonus
|
90-100
|
6 poin
|
80-89
|
4 poin
|
70-79
|
2 poin
|
2.
Bonus yang ditetapkan adalah poin terendah dalam kelompok
tersebut
3.
Skor akhir adalah skor individu ditambah bonus
XIII.
Daftar Pustaka
Tampomas, Husein. 2006. Matematika Plus SMP Kelas VII. Jakarta: Yudhistira.
Lembar
Kerja Siswa (LKS – 1)
Topik : Menentukan nilai keseluruhan, nilai
per-unit dan nilai sebagian.
Kelas : .......................................................
Nama :
.......................................................
Tanggal :
.......................................................
Petunjuk :
1.
Kerjakan tugas ini
secara individu.
2.
Kerjakan
tugas-tugas sesuai dengan perintah atau petunjuk pada tiap nomor.
3.
Waktu untuk
mengerjakan 15 menit.
Kerjakan soal-soal
berikut !
- Harga 1 lusin buku tulis adalah Rp. 24.000,00. Berapa harga pembelian :
a. 1 buku
tulis (harga satuan/ unit)
b. 4 lusin
buku tulis (harga sebagian)
c. lusin buku tulis (harga sebagian)
Jawab :
a. 1 lusin
= 12 buah
1 buah
= lusin
Cara I
: Harga 1 buku tulis = x 24.000
= .......................
Cara
II: Harga 1 buku tulis =
= .........................
Jadi harga 1 buku tulis
adalah Rp. ..........................
b. Harga 4
lusin buku tulis = 4 x 24.000
=
....................................
Jadi harga 4 lusin buku tulis
adalah Rp. ............................
c. Harga lusin buku tulis = x 24.000
=
...................................
Jadi harga lusin buku tulis Rp. ......................................
2.
Dalam
sebuah kardus minyak terdapat 5 paket sembako korban bencana alam. Berat tiap
paket adalah 7,5 kg. Berapa berat paket 1 kardus?
Jawab
:
Berat
paket 1 kardus (nilai keseluruhan) = 5 x 7,5 kg =
...............................kg.
3.
Berat
koli kain adalah 72 kg. Berapakah berat 1 koli kain ?
Jawab :
Berat 1 koli (nilai
satuan) = 72 : = 72 x =
...............................kg.
Kunci Jawaban
Lembar Kerja Siswa
- a. 1 lusin = 12 buah (Skor 20)
1 buah
= lusin
Cara I
: Harga 1 buku tulis = x 24.000
=
2.000
Cara
II: Harga 1 buku tulis =
=
2.000
Jadi harga 1 buku tulis
adalah Rp. 2.000,00
b. Harga 4
lusin buku tulis = 4 x 24.000 (Skor 20)
=
96.000
Jadi harga 4 lusin buku tulis
adalah Rp. 96.000,00
c. Harga lusin buku tulis = x 24.000 (Skor
20)
=
16.000
Jadi harga lusin buku tulis Rp. 16.000,00
2.
Berat
paket 1 kardus (nilai keseluruhan) = 5 x 7,5 kg = 37,5 kg. (Skor 20)
3.
Berat 1 koli (nilai
satuan) = 72 : = 72 x = 108 kg. (Skor 20)
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !