MODEL-MODEL PEMBELAJARAN - FATHURHOMA corp.
Headlines News :

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Download

Home » » MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

Written By TEAMHORE on Rabu, 04 April 2012 | 02.43

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

1. EXAMPLES NON EXAMPLES
Langkah-langkah:
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat OHP.
Guru memberi petunjuk dan kesempatan pd siswa utk memperhatihan / menganalisa gambar.
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang, hasil diskusi dari analisa gambar tsb dicatat pada kertas.
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yg ingin dicapai.
Kesimpulan
Refleksi/evaluasi
Penutup.

MODEL PEMBELAJARAN
2. PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah:
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
Menyajikan materi sebagai pengantar.
Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar yang relevan dgn materi
Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yg logis.
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tsb.
Dari alasan/urutan gambar tsb guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan konsep yang ingin dicapai.
Kesimpulan/rangkuman.
Refleksi
Penutup

MODEL PEMBELAJARAN
3. NUMBERED HEADS TOGETHER (KEPALA BERNOMOR)
Langkah-langkah:
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor.
Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya.
Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja mereka.
Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain.
Kesimpulan
Refleksi
Penutup

MODEL PEMBELAJARAN
4. KEPALA BERNOMOR STRUKTUR (MODIFIKASI DARI NUMBER HEADS)
Langkah-langkah :
Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai
Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
Kesimpulan

MODEL PEMBELAJARAN
5. COOPERATIF SCRIPT Skrip Kooperatif: metode yang meminta siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan materi yang dipelajari
Langkah-langkah:
Guru membagi siswa untuk berpasangan.
Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan.
Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa sebagai pendengar.
Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya, sementara pendengar menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap, serta membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lain.
Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya, serta lakukan seperti di atas.
Kesimpulan dilanjutkan refleksi
Penutup

MODEL PEMBELAJARAN
6. STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TIM SISWA-KELOMPOK PRESTASI
Langkah-langkah:
Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku)
Guru menyajikan pelajaran.
Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
Memberi evaluasi
Refleksi
Penutup.

MODEL PEMBELAJARAN
7. JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
Langkah-langkah:
Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tiap tim.
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda.
Tiap orang dalam tim membaca bagian materi yang ditugaskan.
Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka.
Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli, setiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang materi yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh.
Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi.
Guru memberi evaluasi
Refleksi
Penutup.

MODEL PEMBELAJARAN
8. PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) (PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH)
PBI memusatkan pada masalah kehidupan yang bermakna bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan menfasilitasi penyelidikan dan dialog
Langkah-langkah:
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan logistik yang dibutuhkan, memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dgn masalah tsb
Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, mengumpulkan data, hipotesis, pemecahan masalah.
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai, seperti laporan atau yang lain, dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses yang digunakan.

MODEL PEMBELAJARAN
9. ARTIKULASI
Langkah-langkah :
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
Suruhlan seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
Suruh siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
Kesimpulan/penutup

MODEL PEMBELAJARAN
10. MIND MAPPING
Sangat baik digunakan untuk pengetahuan awal siswa atau untuk menemukan alternatif jawaban
Langkah-langkah :
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru

MODEL PEMBELAJARAN
11. ROLE PLAYING
Langkah-langkah:
Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan.
Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM.
Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang.
Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dalam pembelajaran.
Memanggil para siswa yang telah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan.
Masing-masing siswa duduk dikelompoknya sambil sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan.
Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahasnya.
Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya.
Guru memberikan kesimpulan secara umum.
Evaluasi/refleksi.
Penutup

MODEL PEMBELAJARAN
12. THINK PAIR AND SHARE
Langkah-langkah:
Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai.
Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru.
Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (dalam klpk 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing.
Guru memimpin pleno kecil dan tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
Berawal dari kegiatan tersebut mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa.
Guru memberi kesimpulan.
Refleksi/evaluasi.
Penutup.

MODEL PEMBELAJARAN
13. TALKING STIK
Langkah-langkah:
Guru menyiapkan sebuah tongkat.
Guru menyampaikan materi pokok yg akan dipelajari, kemudian memberikan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada buku pegangan siswa.
Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya lalu mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya.
Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yg memegang tongkat tsb harus menjawabnya, demikianlah seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru.
Guru memberi kesimpulan.
Refleksi/evaluasi.
Penutup

MODEL PEMBELAJARAN
14. DEBATE
Langkah-langkah:
Guru membagi dua kelompok peserta debat, yang satu pro dan yang lainnya kontra.
Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas.
Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara, saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mengemukakan pendapatnya.
Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap.
Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada TPK yang ingin dicapai.
Refleksi/evaluasi
Penutup

MODEL PEMBELAJARAN
15. BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah:
Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru dpt menunjukkan pasangannya atau siswa menunjukkan pasangannya.
Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya.
Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka.
Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan, kemudian disampaikan kepada pasangan semula
Kesimpulan
Refleksi/evaluasi

MODEL PEMBELAJARAN
16. INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE (LINGKARAN KECIL-LINGKARAN BESAR) “Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan dgn pasangan yg berbeda dgn singkat dan lancar”
Langkah-langkah:
Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap ke luar.
Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama, menghadap ke dalam.
Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah searah jarum jam sehingga masing-masing siswa mendapat pasangan baru.
Sekarang giliran siswa yg berada di lingkaran besar yang membagi informasi.

MODEL PEMBELAJARAN
17. STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
Siswa mempresentasikan ide/pendapat pada teman lainnya

Langkah-langkah:
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
Penutup


itu tadi merupakan contoh model-model pembelajaran semoga menambah pengetahuan anda.
"sweet your live"
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

kuis

kuis

kuis guyon Memuat...

Relations

TOLONG DI LIKE YA

my acount info

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

.::Wis Ti Inceng::.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. FATHURHOMA corp. - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya