RPP matematika Metode Team Games Tournament (TGT) - FATHURHOMA corp.
Headlines News :

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Download

Home » » RPP matematika Metode Team Games Tournament (TGT)

RPP matematika Metode Team Games Tournament (TGT)

Written By TEAMHORE on Senin, 23 April 2012 | 02.19


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Guru
Mata Pelajaran
Kelas/ semester
Alokasi Waktu
:
:
:
:
Machfud Fatkurochman
Matematika
X/ganjil
2x 45 menit

I. STANDART KOMPETENSI:
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma
II. KOMPETENSI DASAR:
1.1.    Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
III. INDIKATOR:
1.1.4. Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
1.1.5. Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
1.1.6. Merasionalkan  penyebut pecahan yang berbentuk akar.

IV. MATERI AJAR:
-          Bilangan rasional.
-          Bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
-          Operasi aljabar pada bentuk akar.
-          Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.

V. MODEL PEMBELAJARAN:
VI. NILAI KARAKTER:
1.      Bekerja Keras
2.      Kreatif
3.      Inovatif
4.      Teliti
5.      Bersahabat
6.      Rasa Ingin Tau
VII. TAHAPAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
Pendahuluan (5 Menit)
Apersepsi :
Guru  membuka dan memberi salam
Guru  menyampaikan indikator dan mempersiapkan mahasiswa.
Guru  meminta mahasiswa mempersiapkan modul dan membentuk kelompok yang terdiri atas 4 orang(heterogen).
Guru memberi tahu bahwa setelah guru mendemokrasikan materi akan di adakan game kelompok jadi setiap siswa harus benar benar memperhatikan.
KEGIATAN INTI:
Kegiatan Inti (110 Menit)
Tahap
Kegiatan Guru
Eksplorasi
Memberikan orientasi permasalahannya kepada siswa
Guru membahas tujuan pembelajaran, dan mendemokrasikan materi ( 10 menit)
Elaborasi
Mengorganisasikan siswa untuk memulai game
Guru memberi tahu aturan-aturan dan penskoran di dalam game( 30 menit )
Pelaksanaan Game
Guru memimpin dan memandu jalannya game dan melakukan peng skoran
Mengakhiri game
Guru mengakhiri game dan membacakan perolehan skor.
Konfirmasi
Menganalisis dan mengevaluasi  proses jalannya game
Guru memberikan reward kepada kelompok-kelompok yang bagus, dan menjelaskan solusi dari soal-soal dan dari pengerjaan kelompok.


KEGIATAN AKHIR

Penutup (10 menit)
Kegiatan :
Guru  memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menyimpulkan materi pembelajaran.
Guru memberikan pekerjaan rumah. 
Guru memberi salam penutup.

VII. ALAT/ BAHAN/ SUMBER AJAR
ALAT/ MEDIA:
ü   Spidol
ü   LCD
ü   laptop.

BAHAN/ SUMBER AJAR:
-          Buku paket (Buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk) hal. 1-6, 7-9, dan 10-13.

PENILAIAN
A.    TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN
Nilai Indikator, UTS, UAS
B.     KRITERIA PENILAIAN
Nilai Akhir =

Nilai Indikator =

Kepala Sekolah





Rizqi Tresnaningsih, S.Pd, M..Pd

Guru Matematika





Machfud Fatkurochman
























LAMPIRAN 1

PENIALIAN KELOMPOK GAME


KELOMPOK 1
No.
Nama
Penilaian
Total nilai individu dalam kelompok
keaktifan
kerjasama
Skore Game
1.





2.





3.





4.





5.






Total nilai kelompok







KELOMPOK 2

KELOMPOK 3

KELOMPOK 4

KELOMPOK 5

Keterangan:
Pada kolom pengamatan, nilai pada setiap kolom pengamatan berkisar antara 1 sampai 4
Keterangan Angka:
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = sangat baik

Nilai akhir kelompok = (3 keaktifan + 3 kerjasama + 5 skore game) : 11
















LAMPIRAN 2

MATERI AJAR





















LAMPIRAN 3


SOAL GAME BABAK I
Kelompok       : ……………………………..
Kelas               : ……………………………..
Anggota          :
1.      ………………………………….
2.      ………………………………….
3.      …………………………………
4.      …………………………………
5.      …………………………………
 







Kerjakan soal-soal berikut ini. Diskusikan dengan kelompokmu!
1.         
2.       

Diketahui :

Jawab:

3.         ………………………………………………...

jawab :

4.         …………………………………………………

jawab :

5.         ………………………………………………….

jawab :
SOAL GAME BABAK II
Kelompok       : ……………………………..
Kelas               : ……………………………..
Anggota          :
1.      ………………………………….
2.      ………………………………….
3.      …………………………………
4.      …………………………………
5.      …………………………………
 







Kerjakan soal-soal berikut ini. Diskusikan dengan kelompokmu!
1.      Bentuk sederhana dari

adalah………………….


jawab :

2.       

jawab :


3.      Bentuk sederhana dari

jawab :

4.      …………….


jawab :

5.      ……………..

jawab :

LAMPIRAN 3


KUNCI JAWAB SOAL GAME BABAK I


tidak, karena a=b=c tapi tidak sama dengan d

3.tidak, karena a=b, tapi c tidak sama dengan d
4.tidak, karena a=b tidak sama dengan c, dan c tidak sama dengan b

5…  iya, karena

















KUNCI JAWAB SOAL GAME BABAK II


1.       
2.       
3.       




Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

kuis

kuis

kuis guyon Memuat...

Relations

TOLONG DI LIKE YA

my acount info

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

.::Wis Ti Inceng::.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. FATHURHOMA corp. - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya