RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Guru
Mata Pelajaran
Kelas/ semester
Alokasi Waktu
|
:
:
:
:
|
Machfud Fatkurochman
Matematika
X/ganjil
2x 45 menit
|
I. STANDART KOMPETENSI:
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk
pangkat, akar, dan logaritma
II. KOMPETENSI DASAR:
1.1. Menggunakan aturan
pangkat, akar, dan logaritma
III. INDIKATOR:
1.1.4. Mengidentifikasi apakah suatu bilangan termasuk bilangan rasional atau
bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
1.1.5.
Melakukan operasi aljabar pada bentuk akar.
1.1.6. Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar.
IV. MATERI AJAR:
-
Bilangan rasional.
-
Bilangan irrasional (bilangan bentuk akar).
-
Operasi aljabar pada bentuk akar.
-
Merasionalkan penyebut pecahan bentuk akar.
V. MODEL PEMBELAJARAN:
VI. NILAI KARAKTER:
1.
Bekerja
Keras
2.
Kreatif
3.
Inovatif
4.
Teliti
5.
Bersahabat
6.
Rasa
Ingin Tau
VII. TAHAPAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
Pendahuluan (5 Menit)
Apersepsi :
Guru membuka dan memberi salam
Guru menyampaikan indikator dan
mempersiapkan mahasiswa.
Guru meminta mahasiswa mempersiapkan
modul dan membentuk kelompok yang terdiri atas 4 orang(heterogen).
Guru memberi tahu bahwa setelah guru mendemokrasikan materi akan di adakan
game kelompok jadi setiap siswa harus benar benar memperhatikan.
KEGIATAN INTI:
Kegiatan Inti (110 Menit)
Tahap
|
Kegiatan Guru
|
|
Eksplorasi
|
Memberikan orientasi
permasalahannya kepada siswa
|
Guru membahas tujuan
pembelajaran, dan
mendemokrasikan materi ( 10 menit)
|
Elaborasi
|
Mengorganisasikan
siswa untuk memulai game
|
Guru memberi
tahu aturan-aturan dan penskoran di dalam game( 30 menit )
|
Pelaksanaan Game
|
Guru memimpin dan memandu jalannya game dan
melakukan peng skoran
|
|
Mengakhiri game
|
Guru
mengakhiri game dan membacakan perolehan skor.
|
|
Konfirmasi
|
Menganalisis dan mengevaluasi proses jalannya game
|
Guru
memberikan reward kepada kelompok-kelompok yang bagus, dan menjelaskan solusi
dari soal-soal dan dari pengerjaan kelompok.
|
KEGIATAN AKHIR
Penutup (10 menit)
Kegiatan :
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
bertanya dan menyimpulkan materi pembelajaran.
Guru memberikan pekerjaan rumah.
Guru memberi salam penutup.
VII. ALAT/ BAHAN/ SUMBER AJAR
ALAT/ MEDIA:
ü Spidol
ü LCD
ü laptop.
BAHAN/ SUMBER AJAR:
-
Buku paket (Buku Matematika SMA dan MA ESIS Kelas X
Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih, dkk) hal. 1-6, 7-9, dan
10-13.
PENILAIAN
A. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN
Nilai Indikator, UTS, UAS
B. KRITERIA PENILAIAN
Nilai Akhir =
Nilai Indikator =
Kepala Sekolah
Rizqi Tresnaningsih, S.Pd, M..Pd
|
Guru Matematika
Machfud
Fatkurochman
|
LAMPIRAN 1
PENIALIAN KELOMPOK GAME
KELOMPOK 1
No.
|
Nama
|
Penilaian
|
Total
nilai individu dalam kelompok
|
||
keaktifan
|
kerjasama
|
Skore Game
|
|||
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
Total
nilai kelompok
|
KELOMPOK 2
KELOMPOK 3
KELOMPOK 4
KELOMPOK 5
Keterangan:
Pada kolom
pengamatan, nilai pada setiap kolom pengamatan berkisar antara 1 sampai 4
Keterangan Angka:
1 = kurang
2 = cukup
3 = baik
4 = sangat baik
Nilai akhir kelompok = (3 keaktifan + 3 kerjasama + 5 skore
game) : 11
LAMPIRAN 2
MATERI AJAR
LAMPIRAN 3
SOAL GAME BABAK I
Kelompok :
……………………………..
Kelas :
……………………………..
Anggota :
1.
………………………………….
2.
………………………………….
3.
…………………………………
4.
…………………………………
5.
…………………………………
|
Kerjakan soal-soal berikut ini. Diskusikan dengan kelompokmu!
1.
2.
Diketahui :
Jawab:
3.
………………………………………………...
jawab :
4.
…………………………………………………
jawab :
5.
………………………………………………….
jawab :
SOAL GAME BABAK II
Kelompok :
……………………………..
Kelas :
……………………………..
Anggota :
1.
………………………………….
2.
………………………………….
3.
…………………………………
4.
…………………………………
5.
…………………………………
|
Kerjakan soal-soal berikut ini. Diskusikan dengan kelompokmu!
1.
Bentuk sederhana dari
adalah………………….
jawab :
2.
jawab :
3.
Bentuk sederhana dari
jawab :
4.
…………….
jawab :
5.
……………..
jawab :
LAMPIRAN 3
KUNCI JAWAB SOAL GAME
BABAK I
tidak, karena a=b=c
tapi tidak sama dengan d
3.tidak, karena a=b,
tapi c tidak sama dengan d
4.tidak, karena a=b
tidak sama dengan c, dan c tidak sama dengan b
5… iya, karena
KUNCI JAWAB SOAL GAME
BABAK II
1.
2.
3.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !