PENETAPANKKM
(KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Ada 2 acuan dalam
penilaian,Penilaian Acuan Patokan /Kriteria (PAP),Penilaian Acuan Norma (PAN
PAP berasumsi
bahwa hampir semua orang bisa belajar apa saja namu waktunya berbeda,
konsekuensi dari asumsi ini adalah program remidial .Tujuan penggunaan acuan
patokan berfokus pada kelompok perilaku siswa yang khusus yg didasarkan pada
kriteria atau standar khusus, untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang
kinerja peserta tes tanpa memperhatikan bagaimana kinerja tersebut dibandingkan
dengan kinerja yang lain. Acuan kriteria yang digunakan untuk menyeleksi status
individu sudah dirumuskan dengan baik.
Rentang Skor
|
Nilai
|
Ket
|
80 - 100
|
A
|
Lulus
|
70 - 79
|
B
|
Lulus
|
60 - 69
|
C
|
Lulus
|
45 - 59
|
D
|
Tidak Lulus
|
< 44
|
E
|
Tidak Lulus
|
PAN berasumsi
bahwa kemampuan semua orang itu berbeda dan dapat digambarkan menurut
distribusi normal, hasil tes seseorang dibandingkan dengan kelompoknya,
sehingga dapat diketahui posisi seseorang..Tujuan penggunaan acuan norma adalah
untuk mengetahui status peserta tes dalam hubungannya dengan performa kelompok
peserta yg lain yg telah mengikuti tes .Standar yang digunakan bersifat relatif
.con Dalam ujian matematika sekelompok siswa terdiri 40 orang memperoleh skor
sbb
Soal ,Dalam kelas
matemematika yang terdiri 9 orang mendapatkan skor mentah ulangan matematika
sebagai berikut :50, 45, 45, 40, 40, 40, 35, 35, 30 Dengan menggunakan PAN
berapakah nilai-nilai yang mereka dapatkan?
Kegunaan
KKm:
1.
Menetapkan
standar ketuntasan Mengoptimalkan kemampuan yang esensial pada saat mengajar
Menentukan siswa yang remidial Mencari dan menemukan penyebab belum tuntasnya
kompetensi yg ditargetkan Menyusun soal sesuai dengan tingkat kemampuan siswa
2.
aspek
yang dinilai pada KKm
1.
Tingkat kompleksitas Kompetensi KD,
pelaksanaannya menuntut:SDM tinggi untuk memahami KD yg harus dicapai Waktu
yang cukup lamaPenalaran dan kecermatan siswa Sarana dan prasarana
2.
Daya Dukung, meliputi :Ketersediaan tenaga Sarana dan
prasarana sekolah BOPManajemen sekolah Kepedulian stakeholder
3.
Tingkat Kemampuan (Intake) rata-rata siswa
yang didasarkan pada kemampuan sebelumnya, misal : hasil seleksi masuk, NUN,
raport, psikotes, tingkat pencapaian KKM semester dan kelas sebelumnya
contoh
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD &
INDIKATOR
Mata Pelajaran : Matematika
Sekolah : …..
Kelas/Program : XI /IPA
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi : 1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan
sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
PENETAPANKKM
(KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
(KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
Ada 2 acuan dalam
penilaian,Penilaian Acuan Patokan /Kriteria (PAP),Penilaian Acuan Norma (PAN
PAP berasumsi
bahwa hampir semua orang bisa belajar apa saja namu waktunya berbeda,
konsekuensi dari asumsi ini adalah program remidial .Tujuan penggunaan acuan
patokan berfokus pada kelompok perilaku siswa yang khusus yg didasarkan pada
kriteria atau standar khusus, untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang
kinerja peserta tes tanpa memperhatikan bagaimana kinerja tersebut dibandingkan
dengan kinerja yang lain. Acuan kriteria yang digunakan untuk menyeleksi status
individu sudah dirumuskan dengan baik.
Rentang Skor
|
Nilai
|
Ket
|
80 - 100
|
A
|
Lulus
|
70 - 79
|
B
|
Lulus
|
60 - 69
|
C
|
Lulus
|
45 - 59
|
D
|
Tidak Lulus
|
< 44
|
E
|
Tidak Lulus
|
PAN berasumsi
bahwa kemampuan semua orang itu berbeda dan dapat digambarkan menurut
distribusi normal, hasil tes seseorang dibandingkan dengan kelompoknya,
sehingga dapat diketahui posisi seseorang..Tujuan penggunaan acuan norma adalah
untuk mengetahui status peserta tes dalam hubungannya dengan performa kelompok
peserta yg lain yg telah mengikuti tes .Standar yang digunakan bersifat relatif
.con Dalam ujian matematika sekelompok siswa terdiri 40 orang memperoleh skor
sbb
Soal ,Dalam kelas
matemematika yang terdiri 9 orang mendapatkan skor mentah ulangan matematika
sebagai berikut :50, 45, 45, 40, 40, 40, 35, 35, 30 Dengan menggunakan PAN
berapakah nilai-nilai yang mereka dapatkan?
Kegunaan
KKm:
1.
Menetapkan
standar ketuntasan Mengoptimalkan kemampuan yang esensial pada saat mengajar
Menentukan siswa yang remidial Mencari dan menemukan penyebab belum tuntasnya
kompetensi yg ditargetkan Menyusun soal sesuai dengan tingkat kemampuan siswa
2.
aspek
yang dinilai pada KKm
1.
Tingkat kompleksitas Kompetensi KD,
pelaksanaannya menuntut:SDM tinggi untuk memahami KD yg harus dicapai Waktu
yang cukup lamaPenalaran dan kecermatan siswa Sarana dan prasarana
2.
Daya Dukung, meliputi :Ketersediaan tenaga Sarana dan
prasarana sekolah BOPManajemen sekolah Kepedulian stakeholder
3.
Tingkat Kemampuan (Intake) rata-rata siswa
yang didasarkan pada kemampuan sebelumnya, misal : hasil seleksi masuk, NUN,
raport, psikotes, tingkat pencapaian KKM semester dan kelas sebelumnya
contoh
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD &
INDIKATOR
Mata Pelajaran : Matematika
Sekolah : …..
Kelas/Program : XI /IPA
Tahun Pelajaran : 2010/2011
Standar
Kompetensi : 1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan
sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !