RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN ( RPP )
Sekolah
: SMP
Negeri 3 Singosari
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : VII/1 (satu)
Standart
Kompetensi : Memahami sifat - sifat operasi hitung
bilangan dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah.
Kompetensi
Dasar :
1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.
Indikator : 1. Memberikan contoh bilangan bulat pada garis
bilangan.
2. Melakukan operasi tambah, kurang,
kali, bagi bilangan bulat termasuk operasi
campuran.
3. Menghitung kuadrat dan pangkat tiga
bilangan bulat.
4. Menghitung akar kuadrat dan akar
pangkat tiga bilangan bulat.
5. Memberikan contoh berbagai bentuk dan
jenis pecahan : biasa campuran, desimal, persen dan permil.
6. Menentukan letak pecahan pada garis
bilangan.
7. Menentukan pecahan yang senilai
8. Mengubah pecahan ke bentuk lain.
9. Menyelesaikan operasi tambah, kurang,
kali, bagi pecahan.
10. Melakukan pembulatan bilangan pecahan
desimal.
11. Mengubah pecahan kebentuk baku.
Alokasi Waktu : 14 X 40 Menit (8
Pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat memberikan contoh bilangan
bulat pada garis bilangan.
2. Siswa dapat melakukan operasitambah,
kurang, kali, bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
3. Siswa dapat menghitung kuadrat dan
pangkat tiga bilangan bulat.
4. Siswa dapat menghitung akar kuadrat
dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
5. Siswa dapat memberikan contoh berbagai
bentuk dan jenis pecahan : biasa campuran, desimal, persen dan permil.
6. Siswa dapat menentukan letak pecahan
pada garis bilangan.
7. Siswa dapat menentukan pecahan yang
senilai
8. Siswa dapat mengubah pecahan kebentuk
lain.
9. Siswa dapat menyelesaikan operasi
tambah, kurang, kali, bagi pecahan.
10. Siswa dapat melakukan pembulatan
bilangan pecahan desimal.
11. Siswa dapat mengubah pecahan kebentuk baku.
B. Materi
Ajar
1.
Operasi
bilangan bulat.
2.
Operasi
bilangan Pecah
C. Metode,
Pendekatan dan Model Pembelajaran
Diskusi dan tanya jawab
D. Langkah
langkah kegiatan
Pertemuan
pertama
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali anggota
himpunan bilangan asli dan bilangan
cacah.
Motivasi
: Penguasaan materi ini dapat menjadi prasyarat untuk mempelajari
materi berikutnya.
Kegiatan Inti
- Siswa dibimbing guru berdiskusi bilangan bulat.
- Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa berdiskusi mengerjakan LKS tugas 1.4 dengan bimbingan guru seperlunya.
- Siswa diberi soal latihan tentang bilangan bulat
Penutup
- Siswa diarahkan untuk membuat rangkuman.
- Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Siswa diberi PR dari guru yang dibuat sendiri oleh guru tersebut
Pertemuan kedua
Pendahuluan
Apersepsi
: Membahas PR, mengingat kembali letak bilangan bulat.
Motivasi : Mengingatkan kembali pentingnya operasi
tambah, kurang, kali dan
bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
Kegiatan
inti
- Dengan tanya jawab siswa diarahkan untuk membahas operasi tambah , kurang, kali dan bagi
bilangan bulat termasuk operasi campuran.
- Siswa diberi soal untuk dikerjakan dengan teman sebangkunya.
- Siswa diberi soal untuk dikerjakan secara perorangan.
- Siswa berdiskusi mengerjakan LKS Latihan Soal 4 no. 1-10 dengan teman sebangkunya.
Penutup
- Siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Siswa diberi PR guru yang dibuat oleh guru bidang studi matematika diambil dari Evaluasi Mandiri no. 1-10(penerbit Erlangga).
Pertemuan ketiga
Pendahuluan
Apersepsi
: Membahas PR, mengingat kembali operasi tambah , kurang, kali
dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.
Motivasi : Mengingatkan kembali pentingnya kuadrat
dan pangkat tiga
bilangan
bulat dan akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
Kegiatan
inti
- Dengan tanya jawab siswa diarahkan untuk membahas kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat dan akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
- Siswa diberi soal untuk dikerjakan dengan teman sebangkunya.
- Siswa mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya.
- Hasil pekerjaan siswa diperiksa silang (nilai dikoleksi ke daftar nilai).
- Siswa diberi soal latihan dari buku matematika paket.
Penutup
- Siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Siswa diberi PR oleh guru mengenai kuadrat dari pangkat tiga bilangan bulat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
Pertemuan keempat
Pendahuluan
Apersepsi
: Membahas PR, mengingat kembali kuadrat dan pangkat tiga
bilangan
bulat dan akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
Motivasi : Mengingatkan kembali pentingnya pecahan: biasa, campuran,
desimal, persen dan permil.
Kegiatan inti
- Dengan tanya jawab siswa diarahkan untuk membahas pecahan: biasa, campuran, desimal, persen dan permil.
- Siswa diberi soal untuk dikerjakan dengan teman sebangkunya.
- Siswa mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa berdiskusi mengerjakan LKS no. 1.1.3 dengan teman sebangkunya.
- Siswa diberi soal latihan dari buku matematika latihan soal-soal Erlangga
Penutup
- Siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Siswa diberi diberi PR di buku Erlangga untuk dibahas pada pertemuan kelima yang akan datang.
Pertemuan kelima
Pendahuluan
Apersepsi
: Membahas PR, mengingat kembali kuadrat dan pangkat tiga
bilangan
bulat dan akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat.
Motivasi : Mengingatkan kembali pentingnya pecahan
senilai.
Kegiatan inti
- Dengan tanya jawab siswa diarahkan untuk membahas pecahan senilai.
- Siswa diberi soal untuk dikerjakan dengan teman sebangkunya.
- Siswa mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapinya.
- Siswa berdiskusi mengerjakan soal yang dibuat oleh guru dengan teman sebangkunya
- Siswa diberi soal latihan dari buku matematika dengan penerbit Erlangga.
Penutup
- Siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Siswa diberi PR soal-soal dari guru.
Pertemuan keenam
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas PR, mengingat kembali
pecahan senilai.
Motivasi
: Mengingatkan kembali pentingnya operasi tambah, kurang, kali ,
bagi pecahan.
Kegiatan inti
1. Dengan tanya jawab siswa diarahkan
untuk membahas operasi tambah, kurang,
kali , bagi pecahan.
2. Siswa
diberi soal untuk dikerjakan dengan teman sebangkunya.
3. Siswa mempresentasikan hasil
diskusinya dari beberapa kelompok dan kelompok lain menanggapinya.
4. Siswa berdiskusi dengan teman
sebangkunya mengerjakan soal yang dibuat guru sebanyak 5 butir soal.
Penutup
- Siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Siswa diberi PR dari hasil diskusi tadi, diharapkan bisa menyusun soal serupa untuk dibahas bersama pada pertemuan ke-tujuh.
Pertemuan ketujuh
Pendahuluan
Apersepsi : Membahas PR, mengingat kembali
pecahan senilai.
Motivasi
: Mengingatkan kembali pentingnya pembulatan dan mengubah
bilangan ke bentuk baku.
Kegiatan inti
- Dengan tanya jawab siswa diarahkan untuk membahas pembulatan dan mengubah bilangan ke bentuk baku.
- Siswa diberi soal untuk dikerjakan dengan teman sebangkunya.
- Siswa berdiskusi mengerjakan soal yang dibuat oleh guru dengan teman sebangkunya
- Hasil pekerjaan siswa diperiksa silang (nilai dikoleksi ke daftar nilai).
- Siswa diberi soal-soal dari guru sebanyak 10 butir soal yang berkaitan dengan pembulatan dan mengubah ke bentuk baku.
Penutup
- Siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari.
- Siswa dan guru melakukan refleksi.
- Siswa diberi PR soal-soal Esay yang diambil dari buku Evaluasi Mandiri dengan Penerbit Erlangga.
E. Alat
dan Sumber Belajar
Buku teks / buku sumber
·
ACARYA
MEDIA UTAMA
·
EVALUASI
MANDIRI (ERLANGGA)
·
LKS
cerah
F.
Penilaian
Tehnik : Tes Tertulis
Bentuk
Instrumen : Tes Uraian
Petunjuk
Diskusikan
dengan teman sebangkumu kemudian jawablah pertanyaan berikut :
1. Gambarlah sebuah garis bilangan yang
memuat bilangan bulat antara -6 dan 6.
2. Apakah arti anak panah pada kedua
ujung garis tersebut ?
3. Bagaimanakah kedudukan bilangan –
bilangan tersebut dari kanan ke kiri atau sebaliknya.
4. Isilah dengan tanda <, >, atau =
a. -2…………..2
b. 0……………2
c. -2…………..0
Petunjuk
Diskusikan
dengan teman sebangkumu kemudian jawablah pertanyaan berikut :
a.
Sediakan sebuah mistar
b.
Gambarlah
sebuah garis bilangan yang memuat bilangan bulat antara -11 dan 11.
c.
Letakkan
0 pada mistar bersesuaian dengan -3 pada garis bilangan yang telah kamu buat.
Isilah titik – titik berikut!
- Angka 6 pada garis bilangan bersesuaian dengan angka………………pada mistar.
- Angka yang saling bersesuaian pada no. 1 adalah …………….dan …………….(pada garis bilangan).
- Angka yang bersesuaian dengan nol pada mistar ditambah angka pada mistar yang bersesuaian dengan angka kedua pada garis bilangan adalah:
………….+ ………..=……………..
Petunjuk
Diskusikan
dengan teman sebangkumu kemudian jawablah pertnyaan berikut.
- 5, -3, 7 adalah merupakan bilangan bulat, sebutkan 5 bilangan bulat yang lainnya !
- Perhatikan garis bilangan di bawah ini dan tulislah bilangan pada noktah – noktah yang belum
ada bilangannya.
0 1
- Semakin kekiri semakin…………………….dan semakin kekanan semakin…………………
- Isilah dengan tanda <, >, = :
- 0…………..1
- 1…………..
- …………
4.
= +
5.
= 1
+
6.
= (pecahan campuran).
Isilah titik
– titik berikut.
1. + = (KPK dari 6 dan 2)
=
=
2. X =
=
3. X =
=
4. : = = = =
5. : = = = =
Tes Uraian
- Hitunglah a. -2 + 3 – 4 + 5 – 6 =
a. -1 + 2 x 3 =
b. 2 + 8 : (-2) =
c. -3 X 4 X -5 =
- Hitunglah nilai dari :
- 122
- 43
- Tiga buah apel dibagikan kepada 6 anak secara merata. Masing-masng anak akan memperoleh berapa ?
- Tentukan nilai a dan b pada garis bilangan berikut :
- Hitunglah:
a.
2
½ X 1
b.
½
: ¾
c.
2,6
+ 3,12
d.
2,12
+ 5,98
Mengetahui,
Kepala SMPN Negeri 6 Malang
H. Suwoko, S.Pd, M.KPd
NIP 130 608 375
|
Guru Mata Pelajaran
Drs. Hadi Suwasono, M.Si
NIP 131 682 023
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !