RPP sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian- bagiannya dan menentukan ukurannya - FATHURHOMA corp.
Headlines News :

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Pengikut

Arsip Blog

Download

Home » , , » RPP sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian- bagiannya dan menentukan ukurannya

RPP sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian- bagiannya dan menentukan ukurannya

Written By TEAMHORE on Sabtu, 13 Oktober 2012 | 19.48

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas / Waktu : VII / 2 X 45 Menit

Semester : Genap

Tahun Pelajaran : 2009/2010

Model Pembelajaran : EXAMPLES NON EXAMPLES

Guru Pengajar : Dimas

Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas dan bagian- bagiannya dan menentukan ukurannya

Kompetensi Dasar : Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas


Indikator : Siswa dapat membuat/melukis jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas



I. Tujuan Pembelajaran

a. Siswa dapat membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas



II. Materi Ajar

a. Bangun Ruang

· Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas



III. Sumber/Media Pemelajaran

a. Buku Paket

b. LKS

c. Penggaris, Busur, Jangka



IV. Sekenario Pembelajaran



A. Langkah Pembelajaran 1

Pembukaan (salam)

Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran, kemudian guru menempelkan gambar dipapan tulis atau ditayangkan melalui OHP atau LCD komputer.



1. Jaring-jaring kubus






G





















H






G















H






H






G






D






C











C








A






E






F






B






E








B






A











F






E





Menunjukkan kubus ABCD, EFGH. Potonglah kubus ABCD, EFGH berturut-turut sepanjang rusuk-rusuk EH, HG, GF, DH, CG, AE dan BC. Maka diperoleh jaring-jaring kubus ABCD, EFGH Seperti gambar di atas.





2.




G






H

Jaring-jaring Balok



















H








G








E






F






H






G






C






D








D








C








A






B








E






A






B






F













F













G






Menunjukkan balok ABCD, EFGH. Potonglah model balok tersebut sepanjang rusuk-rusuk HE, EA, AD, HG, GF, FB dan BC. Maka diperoleh jaring-jaring seperti gambar di atas.



3. Jaring-jaring Prisma






E




























E






E






D






F






C








D













E








B






A






C








B






A






C













B






B







Menunjukkan prisma tegak ABC, DEF. Jika prisma tegak ABC, DEF dipotong sepanjang rusuk-rusuk AB, BC, BE, EF dan ED. Maka terbentuklah jaring-jaring seperti gambar di atas.





4. Jaring-jaring Limas
























T











D






C








C








T






T






D










B






A






B















T





Menunjukkan limas, misal limas segi empat beraturan di atas T, ABCD. Jika limas di potong sepanjang rusuk-rusuk TA, TB, TC dan TD. Maka akan terbentuk jaring-jaring limas T, ABCD seperti gambar di atas.





B. Langkah Pembelajaran 2

Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan atau menganalisa gambar melalui diskusi 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.

C. Langkah Pembelajaran 3

Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya, kemudian dari hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai

D. Langkah Pembelajaran 4

Guru memberi soal secara individu, pada saat menjawab tidak boleh saling membantu.

Soal untuk individu:





1.







Jaring-jaring apakah gambar di samping?

Gambarlah dua bentuk yang lain dari bangun tersebut dengan ukuran yang sama!





















2.







Jaring-jaring apakah gambar di samping?

Gambarlah dua bentuk lain dari bangun tersebut dengan ukuran yang sama!





















3.

Jaring-jaring apakah gambar di samping?

Gambarlah dua bentuk lain dari bangun tersebut dengan ukuran yang sama!













E. Langkah Pembelajaran 5

Penyelesaian soal



1. Jaring-jaring limas segi lima,

2 bentuk jaring-jaring yang lain:









































2. Jaring-jaring kubus

2 bentuk jaring-jaring yang lain:



































3. Jaring-jaring prisma

2 bentuk jaring-jaring yang lain:





























F. Langkah Pembelajaran 6

Kesimpulan dan penutup



V. Penilaian Hasil Belajar






No.

Nama Siswa

Aspek yang di nilai


Afektif

Psikomotorik

Kognitif


1

2

3

4

NA

1

2

3

4

NA

1

2

NA


1






























2






























3






























4






























5






























6






























7






























dst



































Keterangan :

a. Aspek afektif

1 : Mengikuti pelajaran matematika

2 : Aktif dalam setiap pembahasan

3 : Tepat waktu mengumpulkan tugas

4 : Taat kepada tata tertib kelas maupun sekolah



A : 90-100

B : 70-89

C : 60-69

D : < 60



b. Aspek psikomotorik

1 : Pengucapan dan penulisan sesuai kaidah matematika

2 : Teknik menyelesaikan persoalan

3 : Kecepatan dalam menyelesaikan soal

4 : Ketepatan dalam menyelesaikan soal



A : 90-100

B : 70-89

C : 60-69

D : < 60



c. Aspek kognitif

1 : Nilai tugas kelompok

2 : Nilai tugas individu

NA :














Mengetahui



Kepala Sekolah









Drs. Dimas Rachmat, M.Pd

NIP. 150270903

Madiun, 23 November 2009



Guru Mata Pelajaran









Dimas

NPM. 08411.096







D











C






E






F






A






B



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

kuis

kuis

kuis guyon Memuat...

Relations

TOLONG DI LIKE YA

my acount info

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net SEO Stats powered by MyPagerank.Net

.::Wis Ti Inceng::.

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. FATHURHOMA corp. - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya