free downlooad RPP Matematika |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : X-2
Waktu : 2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memecahkan masalah
yang berkaitan dengan bentuk pangkat,
akar, dan logaritma
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan
logaritma
NO
|
INDIKATOR
|
NILAI
KARAKTER
|
1
|
- Mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan sebaliknya.
|
- Rasa ingin tahu
- Mandiri
- Kreatif
- Kerja keras
|
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
NO
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
NILAI KARAKTER
|
1
|
- Siswa
dapat Menyimpulkan atau
mendefinisikan logaritma
- Siswa
dapat Mengubah bentuk
logaritma ke dalam bentuk pangkat, dan sebaliknya.
|
- Rasa ingin tahu
- Mandiri
- Kreatif
- Kerja keras
|
II.
BAHAN
AJAR
Pengertian logaritma.
(lampiran I)
III.
Metode
Pembelajaran
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Pemberian tugas
IV.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Langkah-langkah
KEGIATAN
|
WAKTU
|
NILAI KARAKTER
|
A. Kegiatan
Awal
-
Guru memberi salam
-
Guru memotivasi atau memfokuskan siswa pada pembelajaran dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari
logaritma.
-
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan
garis-garis besar kegiatan pembelajaran kooperatif.
|
10 menit
|
|
B. Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
-
Guru menyampaikan informasi tentang pokok-pokok materi yang
akan dipelajari serta penjelasan tentang LKS logaritma
yang akan dikerjakan secara
berkelompok. Kegiatan ini diikuti dengan tanya jawab
-
Siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang heterogen
dan setiap kelompok diberi LKS Logaritma
2. Elaborasi
-
Siswa diminta untuk membaca LKS Logaritma dan memastikan bahwa mereka memahami
apa yang akan dilakukan pada kegiatan bekelompok.
-
Siswa bekerja dalam masing-masing kelompok menggunakan LKS Logaritma
3. konfirmasi
-
Guru berkeliling, mengajukan pertanyaan dan memberi bantuan
kepada siswa jika diperlukan.
-
Perwakilan dari beberapa kelompok mempresentasikan hasil kerja
kelompoknya di depan kelas
-
Siswa yang aktif
atau berhasil menyelesaikan
permasalahan diberikan reward
-
Siswa yang belum aktif diberikan motivasi
|
70 menit
|
-
Rasa ingin tahu
-
Mandiri
-
Kreatif
-
Kerja keras
|
C. Kegiatan
Akhir
-
Siswa didorong untuk membuat
kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
-
Siswa diberi (PR)
-
Guru
menutup
|
10 menit
|
|
V.
Penilaian
1. Bentuk
penilaian : Tugas kelompok
dan tugas mandiri
2. Aspek
yang dinilai : Kognitif,
afektif, dan psikomotor
3. Jenis
penilaian : Ulangan
Blok/Tugas
4. Tindak
lanjut : -
VI.
Alat/
Bahan / Sumber Belajar
-
Sumber belajar :
§ Buku paket (Buku Matematika
SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih,
dkk)
§ Buku
referensi lain
-
Alat :
Papan tulis
Catatan :
Mengetahui
Guru
Pamong o
ti, S.Pd
NIP.
1
|
|
Sukomoro, September 2012
Guru Mata Pelajaran
Machfud Fatkurochman
NPM.
09411186
|
|
|
|
Lampiran
I
Bahan Ajar
Lampiran
II
LKS LOGARITMA I
Soal kelompok
Nama :
|
Kelas :
|
No :
|
Kelompok
:
|
Kerjakan soal-soal
berikut!!
Pedoman penskoran LKS
Logaritma
No.
|
Bentuk soal
|
Skor maksimal
|
No.
|
Bentuk soal
|
Skor maksimal
|
1.
|
a.
|
3
|
3.
|
a.
|
3
|
b.
|
3
|
b.
|
4
|
||
c.
|
3
|
c.
|
3
|
||
2.
|
a.
|
3
|
d.
|
4
|
|
b.
|
3
|
e.
|
4
|
||
c.
|
3
|
f.
|
5
|
||
|
|
g.
|
5
|
PR
(pekerjaan rumah)
Kunci jawaban LKS Logaritma
1.
a)
b)
c)
2. a) = 81
b)
c) = q
3. a)
=64; x = 6
b) ; x = -3
c)
d)
e)
f)
(
g)
) ( ; x = 4
Lampiran
III
Lembar penilaian Kognitif
1.
Bentuk Instrumen : Tes uraian (lampiran II)
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1. Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma, dan
sebaliknya
|
Tes tulis
|
Soal Uraian
|
Di Lampiran II
|
no
|
Nama siswa
|
Skor Penilaian Kognitif
|
Jumlah
|
||||||||||||
Soal no. 1
|
Soal no. 2
|
Soal no. 3
|
|||||||||||||
a.
|
b.
|
c.
|
a.
|
b.
|
c.
|
a.
|
b.
|
c.
|
d.
|
e.
|
f.
|
g.
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !