Home »
materi matematika
,
pendidikan
,
RPP
» RPP Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
RPP Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
Written By TEAMHORE on Senin, 15 Oktober 2012 | 12.20
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP Negeri 5 Madiun
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII / Ganjil
Standart Kompetensi : BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
Indikator : 1. Memberikan contoh bilangan bulat.
2. Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
3. Melakukan operasi tambah pada garis bilangan.
4. Melakukan operasi kurang pada bilangan bulat.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai pembelajaran, siswa dapat :
Memberikan contoh bilangan bulat.
Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
Melakukan operasi tambah pada garis bilangan.
Melakukan operasi kurang pada bilangan bulat.
B. Materi Pokok :
Bilangan Bulat
Ø Bilangan bulat dibagi menjadi 3 yaitu :
1. Bilangan bulat positif
Contoh : 1, 7, 198, 1000
2. Bilangan netral yaitu 0 (nol)
3. Bilangan bulat negatif
Contoh : -5, -127, -10.000
Ø Meletakkan bilangan bulat pada garis bilangan
- Bilangan bulat negatif terletak disebelah kiri nol dan bilangan bulat positif terletak di sebelah kanan nol
- Contoh :
Letakkan bilangan berikut ke dalam gari bilangan !
4, 2, 0, 5, -4, -1, -2, -7
Jawab :
Ø Penjumlahan bilangna bulat
- Untuk sembarang bilangan bulat a dan b berlaku :
1. –a + (-b) = - (a + b)
2. –a + b = - ( a- b) jika a > b
3. –a + b = b – a jika b > a
- Contoh :
-2 + 5 = 3
Dengan garis bilangan :
Ø Pengurangan Bilangan bulat
- Untuk sembarang bilangan bulat a dan b selalu berlaku :
a – b = a + ( -b)
- Contoh :
8 – 13 = -5
Dengan garis bilangan
C. Metode Pembelajaran :
Ceramah, pemberian tugas, dan tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan :
Ø Pendahuluan (10 menit)
a. Presensi siswa
b. Menyampaikan tujuan pembelajaran
c. Memberikan motivasi ( penggunaan bilangan bulat dalam kehidupan sehari-hari)
d. Apersepsi ( menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan materi)
Ø Kegiatan inti (65 menit)
a. Guru bersama siswa memberikan contoh bilangan bulat dan meletakkan bilangan bulat pada garis bilangan .
b. Guru memberikan contoh pengerjaan operasi tambah, kurang pada bilangan bulat.
c. Guru memberikan tugas individu pada siswa
d. Guru dan siswa membahas jawaban tugas
Ø Penutup (5 menit)
a. Siswa diarahkan membuat rangkuman
b. Siswa diberi PR
E. Alat dan Sumber Belajar
Buku Paket Matematika Erlangga Kelas VII hal. 1-15
F. Penilaian
Teknik : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Tes Uraian
Contoh Instrumen : Terlampir
Penilaian Kognitif
Nomor soal
Skor
1. a
b
c
5
4
1
2. a
b
5
5
3.a
b
c
4
4
4
4.a
b
c
d
e
2
2
2
1
1
Jumah Skor
40
Nilai =
=
= 100
Penilaian Afektif
No.
Unsur yang dinilai
Nilai
Ket.
A
B
C
D
1.
Keaktifan mengikuti pelajaran matematika
2.
Merespon pernyataan baru
3.
Berusaha ikut aktif dalam pembahasan
4.
Berusaha mengerjakan tugas
5.
Tepat waktu mengumpulkan tugas
6.
Berusaha menjawab pertanyaan
7.
Ketaatan terhadap tata tertib kelas / sekolah
8.
Hormat terhadap guru dan sesama siswa
9.
Kerjasama dan empati
v Penilaian Afektif
A = Baik sekali
B = Baik
C = Cukup
D = Kurang
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 5 Madiun
___________________
NIP. ....................................
Madiun, .................................
Guru Mata Pelajaran
MACHFUD
NPM : 08411.258
LAMPIRAN
EVALUASI
Kerjakan soal – soal di bawah ini sesuai jawaban anda!
1.
׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀
Hitung (-5) + (-3) , kemudian tunjukkan dimana letaknya dengan menggunakan garis bilangan yang telah disediakan!
Hitunglah :
2. 4 + (-6) = …
3. -14 - (-20) = …
4. 3 - (-7) = …
5. -10 + 2 = …
Perhatikan daftar berikut : -50, 10, 15, 24, +78, -6, 0, -3, +65, 2
6. Tulislah bilangan bulat positifnya!
7. Tulislah bilangan bulat negatifnya!
8. Manakah yang bukan bilangan bulat positif maupun bilangan bulat negatif ?
Letakkan bilangan – bilangan berikut dalam sebuah garis bilangan :
9. -7, 5, -6, 0, 1
10. -1, -2, 3, 4, 10
KUNCI JAWABAN
1. -5
-3
׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀
-8 -7 -6 -5 -4 -3 -2 -1 0 1 2 3 4 5
-8
Jadi -5 + (-3) = -8
2. 4 + (-6) = -2
3. -14 - (-20) = 6
4. 3 - (-7) = 10
5. -10 + 2 = -8
6. 10, 15, 24, +78, +65, 2
7. -50, -6, -3
8. 0
9.
׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀
-7 -6 0 1 5
10.
׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀ ׀
-2 -1 3 4 10
Label:
materi matematika,
pendidikan,
RPP
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !