RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : X-2 dan X-6
Waktu : 2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : 1. Memecahkan masalah
yang berkaitan dengan bentuk pangkat,
akar, dan logaritma
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Melakukan
manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan
logaritma
NO
|
INDIKATOR
|
NILAI KARAKTER
|
1
|
Merasionalkan penyebut
pecahan yang berbentuk akar.
|
-
Rasa ingin tahu
-
Mandiri
-
Kreatif
-
Kerja keras
|
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
NO
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
NILAI KARAKTER
|
1
|
Siswa dapat merasionalkan penyebut akar dari pecahan yang berbentuk
|
-
Rasa ingin tahu
-
Mandiri
-
Kreatif
-
Kerja keras
|
II.
BAHAN
AJAR
Merasionalkan
penyebut pecahan yang berbentuk akar dengan bentuk
(lampiran
I)
III.
Metode
Pembelajaran
Ceramah
Tanya
jawab
Diskusi
Pemberian
tugas
IV.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Langkah-langkah
KEGIATAN
|
WAKTU
|
NILAI KARAKTER
|
A.
Kegiatan Awal
-
Guru memberi salam
-
Guru mengingatkan kembali materi merasionalkan penyebut pecahan akar yang berbentuk
,
-
Memberikan gambaran manfaat materi bentuk pangkat dalam kehidupan sehari-hari
dan dalam materi lain
|
10 menit
|
|
B.
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
-
Siswa menyimak penyampaian materi melalui demonstrasi guru sambil
berinteraksi
dengan temannya melalui
pertanyaan-pertanyaan
yang diajukan guru
-
Siswa menanggapi permasalahan-permasalahan sederhana yang diberikan
guru untuk mengarahkan
ke konsep
2. Elaborasi
-
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dengan
jumlah 4 untuk
membahas latihan soal
(lampiran II)
-
Guru
berkeliling untuk
memfasilitasi kalau ada permasalahan yang ditemukan
siswa
-
Presentasi pembahasan soal yang dianggap
kurang dipahami
oleh siswa
3. konfirmasi
-
Guru melakukan tanya jawab sambil mengarahkan siswa menemukan jawaban atas permasalahan yang ditemukan
-
Siswa yang aktif
atau berhasil menyelesaikan
permasalahan diberikan reward
-
Siswa yang belum aktif diberikan motivasi
|
70 menit
|
-
Rasa ingin tahu
-
Mandiri
-
Kreatif
-
Kerja keras
|
C.
Kegiatan Akhir
-
Siswa membuat
kesimpulan
-
Siswa diberi penugasan terstruktur untuk
pertemuan selanjutnya
-
Guru menutup
|
10 menit
|
|
V.
Penilaian
1. Bentuk
penilaian : Tugas kelompok
2. Aspek
yang dinilai : Kognitif,
afektif, dan psikomotor
3. Jenis
penilaian : Ulangan
Blok/Tugas
4. Tindak
lanjut : -
VI.
Alat/
Bahan / Sumber Belajar
-
Sumber belajar :
§ Buku paket (Buku Matematika
SMA dan MA ESIS Kelas X Semester Ganjil Jilid 1A, karangan Sri Kurnianingsih,
dkk)
§ Buku
referensi lain
-
Alat :
Papan tulis
Catatan :
Mengetahui
Guru Pamong SMAN 1 Sukomoro
Meilin
Indahjati, S.Pd
NIP.
196805021991032014
|
|
Sukomoro, September 2012
Guru Mata Pelajaran
Machfud
Fatkurochman
NPM. 09411186
|
|
|
|
Lampiran
I
Bahan Ajar
§
§
contoh soal
§
Lampiran
II
Soal kelompok
nama :………………………….
kelompok :………………………….
kelas :…………………………
Rasionalkanlah penyebut pecahan bentuk akar berikut
dan ubah ke bentuk yang paling
sederhana!
1.
(skor 4)
2.
(skor 6)
3.
(skor 7)
4.
(skor 8)
kunci jawaban soal kelompok
1.
2.
3.
4.
Lampiran
III
Lembar
penilaian kognitif
1.
Bentuk Instrumen : Tes uraian (lampiran II)
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
1. Merasionalkan penyebut pecahan yang berbentuk akar
|
Tes tulis
|
Soal Uraian
|
Di Lampiran II
|
No.
|
Nama Siswa
|
Skor Penilaian Kognitif
|
Jumlah
|
|||
Soal 1
|
Soal 2
|
Soal 3
|
Soal 4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !